Kick-off Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM

Program Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM dalam rangkaian Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 dilakukan untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam upaya digitalisasi usaha melalui pemasaran online. Program ini dilaksanakan bekerjasama dengan Asosiasi E-C



Program Edukasi dan Fasilitasi Onboarding UMKM dalam rangkaian Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 dilakukan untuk meningkatkan kapasitas UMKM dalam upaya digitalisasi usaha melalui pemasaran online. Program ini dilaksanakan bekerjasama dengan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). Kegiatan terbagi menjadi 2 tahap, yaitu edukasi melalui webinar dan dilanjutkan dengan pendampingan/fasilitasi. Narasumber dan fasilitator dalam kegiatan ini adalah praktisi ahli di bidang digital marketing, sehingga dapat lebih solutif dan implementatif untuk menyelesaikan berbagai permasalahan terkait proses onboarding UMKM.

Tujuan

  1. Memberikan edukasi untuk meningkatkan kapasitas UMKM terkait
    pemasaran online dan digitalisasi usaha.
  2. Memfasilitasi UMKM agar optimal dalam proses onboarding sesuai dengan kebutuhan usahanya.

Topik Materi

  1. Materi sesi webinar edukasi onboarding antara lain meliputi:
    • Digital Skill & Mindset, sebagai persiapan untuk membentuk mental dan pemahaman dasar (key activities) UMKM untuk memasuki pasar digital.
    • Digital Presence, merupakan langkah awal UMKM untuk onboarding melalui media pemasaran online yang relatif mudah dikuasai, antara lain media sosial untuk kegiatan usaha.
    • Digital Marketing, edukasi onboarding lanjutan terkait tips dan trik untuk mengoptimalisasi pemasaran digital UMKM.
    • Digital Operation, upaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas usaha melalui digitalisasi di aspek operasional lainnya, antara lain pemanfaatan QRIS dan digital payment, logistik, serta pengelolaan database.
  2. Materi sesi pendampingan/fasilitasi terdiri dari beberapa topik yang lebih teknis dan implementatif, seperti fotografi, konten kreatif, serta aktivasi dan pengelolaan akun online marketing.